Desain Kemasan si Bisu Yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Desain Packaging Untuk Meningkatkan Penjualan

Detakstudio | Jasa Desain kemasan - Kali ini kami akan membahas tentang desain kemasan untuk meningkatkan penjualan. Desain kemasan atau desain packaging yang kami sebut sebagai "si bisu yang dapat meningkatkan penjualan".

Desain kemasan yang umumnya hanya menampilkan informasi produsennya, informasi produk, spesifikasi produk, varian, serta  keterangan-keterangan mengenai ijin, label halal, dan bpom kini sudah seharusnya memiliki fungsi lain yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Jadikan Desain Kemasan Produk Anda Sebagai "si Bisu" yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Jasa Desain Kemasan Online
Gambar diambil dari Google Images

Penyedia layanan jasa desain kemasan profesional seharusnya mengetahui bahwa desain kemasan juga harus mampu menjadi sarana promosi atau marketing.
"Desain kemasan atau pembungkus makanan ringan yang baik adalah desain kemasan snack yang juga berfungsi sebagai sarana promosi atau marketing", Soocadesign, salah satu studio desain ternama di Indonesia.
Bisa dikatakan desain kemasan atau desain packaging adalah agen penjualan garda depan bagi produk Anda. Karena desain kemasan adalah pionir yang berhadapan langsung dengan pelanggan dan produk kompetitor. 

Dengan membuat desain kemasan (baik itu desain kemasan makanan, kemasan minuman, ataupun yang lainnya) yang dapat menyampaikan keunggulan serta memposisikan produk Anda berbeda dari pesaing, maka desain kemasan produk Anda dapat menjadi "si bisu yang dapat meningkatkan penjualan".

Jadikan Desain Kemasan Sebagai "The Silent Salesman"

Pertumbuhan industri makanan ringan baik yang olahan rumahan ataupun UKM telah meningkat pesat semenjak beberapa tahun belakangan ini.

Fenomena ini terjadi lantaran mudahnya suatu informasi tersebar luas.

Secepat informasi tersebar jika ada suatu produk makanan ringan yang tengah booming, secepat itu pula persaingan langsung tumbuh.

Jasa Desain Kemasan Produk
Gambar diambil dari Googel Images. Contoh industri makanan UKM yang cepat mendapat persaingan.

Disinilah peran desain kemasan atau desain packaging yang semula hanya seperti yang kami sebutkan di atas, kini desain kemasan juga harus mampu membangun dan menginformasikan keunggulan produk yang diwakilinya.

Mengutip dari ahli brand builder terkenal di Indonesia, Subiakto Priosoedarsono.

Jauh sebelum persaingan usaha meningkat, khususnya bagi industri makanan ringan yang dengan cepat mendapatkan pesaing jika produknya tengah booming. Subiakto Priosoedarsono pernah mengatakan bahwa desain kemasan atau desain packaging juga memiliki fungsi sebagai "The Silent Salesman".

Apa yang dikatakan pak Subiakto Priosoedarsono sudah seharusnya dapat menjadi cambuk bagi produsen kecil (UKM) maupun produsen besar untuk lebih memperhatikan desain kemasan atau desain packaging bagi produknya.

Atas dasar persaingan pasar yang cepat meningkat pesat, salah satu cara untuk terus bertahan di tengah persaingan pasar adalah dengan menjadikan desain kemasan menjadi "The Silent Salesman". Seperti kutipan dari studio desain Soocadesign bahwa desain kemasan juga berfungsi sebagai sarana promosi atau marketing.

Beberapa produsen besar yang menyadari hal ini telah melakukan beberapa langkah strategis untuk memenangkan pasar dan memposisikan produknya agar berbeda dari pesaing.

Contoh yang mudah kita temui adalah dengan adanya headline di dalam desain kemasan atau desain packaging seperti, "sekali bilas", "isi lebih banyak", dan tentu saja yang paling fenomel adalah "Indomie Seleraku" yang merupakan salah satu karya pak Subiakto Priosoedarsono.

Cara lain yang dilakukan oleh perusahaan besar adalah dengan memberikan kupon undian atau seperti yang dilakukan produk ice cream Wall's yang dulu sempat mengadakan undian dengan cara mengumpulkan batangan ice cream.

Berbeda dengan produsen-produsen besar,

produsen-produsen kecil seperti UKM atau perusahaan yang baru tumbuh seringkali membuat desain kemasan menjadi "si bisu" yang tidak dapat meingkatkan penjualan. Kesalahan ini terjadi lantaran bukan hanya karena ketidaktahuan pemilik produk, tetapi juga karena mereka salah memilih penyedia layanan jasa desain kemasan produk.

Beberapa waktu lalu praktik ini telah kami gunakan untuk mendesain kemasan atau desain packaging untuk produsen UKM Choco Kwispi yang dapat Anda baca artikelnya melalui tautan ini desain packaging Choco Kwispi.

Contoh Desain Kemasan

Jika Anda sedang mencari jasa desain kemasan atau jasa desain packaging. Kami siap membantu untuk menjadikan desain kemasan produk Anda sebagai "si bisu" yang dapat meningkatkan penjualan.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak



Jl. Ampasit IV No. 14
Cideng, Gambir
Jakarta Pusat
10150

WhatsApp: +62 838 7664 8912