Posisi DKV di dalam Kehidupan Manusia

Peran Desain Grafis Dalam Kehidupan Manusia

Detakstudio | Jasa Desain Grafis - Bagi sebuah negara berkembang seperti Indonesia, kehadiran Desain Komunikasi Visual (DKV) masih terasa diasingkan, sehingga potensi dan manfaat DKV yang begitu besar masih belum disadari oleh kebanyakan orang.

Ketika Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan, seniman Affandi mendapat tugas dari Bung Karno untuk membuat poster.

Setelah proses pembuatan poster besejarah ini selesai sekelompok pelukis berkerja siang malam untuk memperbanyak dan dikirim ke daerah-daerah. (sumber: tokohindonesia.com

Penggalan cerita di atas telah membukitan bahwa DKV telah lama ada dan berperan penting dalam kemerdekaan bangsa tapi sayangnya hanya sedikit yang menyadari hal ini.
"Sebuah karya desain grafis dengan kekuatannya telah sekian lama berhasil menyatukan sebuah bangsa. Berupa gambar seekor burung dengan kepala menghadap ke kanan, bulu sayap masing-masing berjumlah 17, bulu ekor 8, dan bulu leher 45. Ya! Burung Garuda, lambang negara RI. Hebatnya lagi, tidak ada yang menyadari bahwa itu jelas-jelas sebuah karya desain grafis!", Surianto Rustan, Bisnis Desain.
Di dalam kehidupan sehari-hari dari mulai bangun tidur sampai kita tertidur kembali sesungguhnya kita telah banyak melihat sebuah hasil karya DKV.

Icon pada layar Handphone, ketika kita membaca buku/koran, dan setelah keluar dari rumah semakin banyak kita dijejali oleh gambar-gambar dari yang memanjakan mata sampai yang merusak pemandangan. Sesungguhnya semua itu adalah wujud dari DKV namun kita tidak pernah menyadari.
"Keakraban DKV dengan kehidupan manusia terjadi lantaran ia merupakan representasi sosial budaya masyarakat dan salah satu manifestasi kebudayaan yang berwujud produk nilai-nilai yang berlaku pada waktu tertentu", Sumbo Tinarbuko, Irama Visual.
Keadaan sosial, budaya, politik, hukum, dan kejadian yang terjadi pada era tertentu biasanya turut mempengaruhi gaya (style) DKV pada saat itu. Maka sering kali wujud dari DKV pada era tertentu adalah representasi dari keadaan saat itu.

Kesimpulan

Pada kenyataannya, di dalam kehidupan, manusia selalu berdampingan dengan DKV. Potensi kekuatan yang begitu besar yang dimiliki oleh DKV dapat digunakan untuk berbagai kepentingan baik yang positif atau negatif.

Bagi sebagian orang kehadiran DKV selalu dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat komersil dan konsumtif padahal pada contoh di atas sudah sangat jelas bahwa kehadiran DKV juga mampu menyatukan suatu bangsa dan mengobarkan semangat nasionalisme.

Mengingat begitu besarnya dampak yang bisa dihadirkan oleh DKV. Sudah selayaknya bagi siapa saja untuk memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh DKV khususnya untuk tujuan yang positif.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak



Jl. Ampasit IV No. 14
Cideng, Gambir
Jakarta Pusat
10150

WhatsApp: +62 896 2900 6250