Case Study : Desain Packaging Choco Kwispi

Desain Packaging Choco Kwispi Jasa Desain
Desain Packaging Choco Kwispi

Detakstudio | Jasa Desain kemasan - Beberapa waktu lalu kami dipercaya untuk menangani desain kemasan untuk Choco Kwispi. Selain mendesain packaging, kami juga menangani desain logo dan menentukan positioning untuk Choco Kwispi.

Kali ini kami akan menuliskan pengalaman kami dalam membuat desain kemasan Choco Kwispi ini. Kami akan menceritakan proses demi proses yang kami lakukan untuk mendesain kemasan ini, mulai dari riset sampai pencarian ide.

Di dalam mendesain riset adalah langkah penting, melalui riset kami akhirnya mendapatkan temuan-temuan yang tidak disadari oleh pemilik sehingga membuka peluang kepada kami untuk membuat desain kemasan yang bisa menjadi solusi untuk penjualan sekaligus branding.

Klien : Choco Kwispi

Kategori : Desain Kemasan

Mandatory : Pemilik ingin dimasukkannya kalimat Fresh form Villa Mushroom sebagai Headline

Keterampilan : Art Director, Branding, Illustrasi, Photo Retouch, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop


Desain Packaging Choco Kwispi Jasa Desain
Mockup Desain Packaging Bagian Depan

Latar Belakang Choco Kwispi Membutuhkah Desain Kemasan Produk


Untuk menyiasati kepadatan persaingan olahan jamur tiram crispy original dan demi keluar dari persaingan tersebut. Agrifarm berinisiatif untuk membuat olahan jamur tiram baru dengan lapisan cokelat.

Tantangan yang Kami Hadapi Dalam Membuat Desain Kemasan Ini

Dengan mengeluarkan varian baru bukan berarti Choco Kwispi telah keluar dari persaingan, persaingan dengan jamur tiram crispy original tetap ada, namun persaingan tersebut bisa dikatakan tidak lagi "head to head".

Tantangan utama adalah mencari solusi agar pelanggan yang biasa membeli jamur tiram crispy original mau beralih dan mencoba jamur tiram crispy berbalut cokelat.

yang Kami Lakukan Agar Desain Kemasan Choco Kwispi Mampu Menarik Minat Konsumen

Ada banyak potensi dari desain grafis dan branding yang masih belum dimanfaatkan oleh UKM.

Penelitian

Melalui data yang kami dapat dari kuesioner yang sebelumnya kami berikan, kami langsung melakukan penelitian terhadap kompetitor.

Lemahnya pemahaman kompetitor tentang desain grafis dan branding membuat kami memiliki peluang yang besar dalam menciptakan diferensiasi dan menginformasikan keunggulan yang dimiliki oleh Choco Kwispi.

Secara tidak langsung pemilik telah memberikan andil besar terkait hasil final desain kemasan ini karena pemilik telah mengisi kuesioner dengan lengkap dan jelas.

Setelah  kami menganalisa data terkait potensi yang dimiliki oleh Choco Kwispi melalui analisa SWOT, kami melihat peluang untuk menciptakan diferensiasi dan menginformasikan keunggulan yang dimiliki oleh Choco Kwispi semakin besar.

Seorang desainer grafis bukan hanya bertugas menciptakan desain, melainkan juga harus mampu mencari dan menginformasikan keunggulan dari produk/jasa yang ditawarkan kepada audience.

Pertanyaannya,  bisakah hal ini dilakukan jika meniadakan proses riset dan analisa data? 

Penting bagi Anda untuk mempercayakan pengerjaan desain kepada penyedia jasa desain kemasan yang tepat.

Ide

Setiap mengerjakan desain, biasanya ide-ide kami selalu berpusat pada hasil penelitian yang mengacu pada keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Untuk desain kemasan atau desain packaging kami juga selalu fokus untuk menghasilkan desain kemasan atau desain packaging yang juga berfungsi sebagai sarana promosi atau marketing. Sehingga desain kemasan atau desain packaging yang kami hasilkan dapat meningkatkan penjualan.
Jika ada kemungkinan yang lebih baik, desainer grafis harus mampu memberikan opsi yang lebih baik kepada klien.
Pada proyek desain kemasan ini pun kami berfokus pada keunggulan yang dimiliki oleh Choco Kwispi.

Melalui pengembangan dari hasil analisa data yang kami dapatkan, kalimat Fresh form Villa Mushroom yang seharusnya menjadi headline sesuai mandatory dari pemilik tidak kami "telan mentah-mentah".

Kami menilai kalimat ini akan lebih berguna jika dijadikan sebagai label yang bertujuan untuk melambangkan kualitas dan keunggulan terkait bahan baku yang digunakan. 

Penambahan kalimat "Dipetik dari Hasil Budidaya Sendiri" dimaksudkan untuk menginformasikan lebih jelas bahwa bahan baku pembuatan Choco Kwispi dipetik dari hasil budidaya sendiri.

Setelah mengajukan ide ini kepada pemiliki, pemilik langsung menyetujuinya.

Desain Packaging Choco Kwispi Jasa Desain
Label Choco Kwispi

Kami juga menitipkan pesan kepada pemilik agar label ini selalu digunakan dalam setiap kegiatan, baik promosi maupun branding. Hal ini dilakukan untuk menguatkan tagline yang kami berikan pada logo Choco Kwispi, sehingga kami mengharapkan positioning yang telah kami tentukan dapat cepat terbentuk di mata masyarakat.

Label ini dapat ditiadakan jika produk ini telah semakin dikenal luas di masyarakat dan positioning sudah semakin terbentuk. Tujuannya agar kedepannya hasil visualisasi dapat menjadi lebih sederhana.

Karena kami percaya, semakin sederhana tampilan desain grafis maka semakin besar taget audience mengerti pesan yang ingin disampaikan.

Jika produk-produk ternama cukup hanya mengandalkan logo untuk menggambarkan kualitas serta diferensiasi yang dimilikinya. Tapi bagi produk-produk baru, hanya sekedar mengandalkan logo saja tidaklah cukup, alasannya adalah karena masih kurangnya pengakuan di masyarakat tentang kualitas dari produk yang ditawarkan, fungsi logo masih hanya sekedar identitas.

Kami menyadari hal ini, maka dari itu bagi kami dalam kasus ini pembuatan headline adalah suatu keharusan.

Bisa dikatakan dalam pembuatan desain kemasan ini ide-ide kami lebih banyak digunakan untuk menampilkan diferensiasi dan memikirkan bagaimana caranya agar produk Choco Kwispi dapat lebih unggul dari segi branding.

Jadi selain kami berinisiatif untuk membuatkan label kami juga terus memikirkan bagaimana menghasilkan headline yang dapat menarik minat target audience.

Sementara untuk konsep visual sendiri kami lebih memilih membuat desain yang langsung menggambarkan produk yang ditawarkan.

Dalam pembuatan headline kami sengaja menghindari kalimat yang bernada ajakan persuasif atau permintaan. Kami lebih memilih kalimat yang dapat menggugah minat para "penggila" cokelat untuk mencoba produk jamur tiram crispy berbalut cokelat.

Jadi bisa dikatakan kami menginginkan adanya headline yang dapat menarik perhatian baik bagi konsumen yang sudah terbiasa membeli produk jamur tiram crispy maupun konsumen pengemar makanan olahan berbahan cokelat.

Beberapa kalimat yang sempat terlintas kami uji satu persatu baik dari segi pengucapan dan kesan yang terbawa oleh kalimat tersebut. Hingga akhirnya kami memilih kalimat "New Sensation" sebagai headline.

Pemilihan kalimat ini dipilih karena produk jamur tiram crispy berbalut cokelat adalah produk pertama yang ada dipasaran. Jadi produk ini benar-benar menawarkan suatu sensasi baru di lidah. Ide ini pun langsung mendapat persetujuan dari pemilik.
"Hasil analisanya sudah saya pelajari, saya rasa sudah cukup. Bahkan di luar ekspetasi saya"
Kami sangat senang karena pemilik merasa puas terhadap ide-ide yang kami sampaikan.

Yang menariknya adalah bahwa kami sempat melupakan satu hal penting yang sebenarnya telah kami jadikan pijakan dalam membuat headline tersebut. Jadi ketika kami sudah masuk pada tahap visualisasi kami langsung secara spontan menambahkan subheadline "Pertama!!! Jamur Krispi Berbalut Cokelat".

Desain Packaging Choco Kwispi Jasa Desain
Mockup Desain Packaging Bagian Belakang


Testimoni

"Hasil desain sangat memuaskan, bukan hanya sekedar desain tapi ada makna dibalik desain yang dibuat. Mau berbagi ilmu dan bisa diajak berdiskusi, untuk projek selanjutnya saya tidak ragu untuk bekerjasama lagi." Choco Kwispi

Info Tambahan

Proyek desain kemasan ini telah membawa kepuasan tersendiri bagi kami. Karena kami telah diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari langkah awal Choco Kwispi memasuki persaingan bisnis.

Kami ingin menekankan bahwa segala yang terlulis di sini dan juga hasil akhir desain kemasan ini bisa ada karena pemilik telah meluangkan waktunya untuk mengisi kuesioner dengan jelas dan lengkap, dan sepanjang proses pembuatan desain, pemilik selalu bersedia dan terbuka terhadap segala ide dan saran untuk didiskusikan.
Percaya desain kemasan produk Anda kepada ahlinya.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak