Fungsi Tujuan dan Manfaat Membuat Logo

 Fungsi Tujuan dan Manfaat Membuat Logo

Detakstudio | Jasa Desain Logo - Logo adalah sebuah tanda pengenal untuk pengidentifikasian yang secara tidak langsung akan menggambarkan kualitas entitasnya. Tetapi wujud dari logo sendiri seringkali tidak menggambarkan secara langsung seperti apa entitasnya.

Contohnya, jika entitasnya berupa produk coklat bukan berarti logo harus menggunakan warna dasar coklat. Jika entitasnya berupa jasa dokumentasi bukan berarti logo harus bergambar potongan lensa.

Jika seperti itu yang terjadi pasar tentu akan bingung mencari perbedaan produk sejenis antara produk "a" dan produk "b". Penjelasan ini sekaligus untuk menjawab "mengapa logo harus dibuat se-unik mungkin?"

Seringkali kita jumpai logo-logo perusahaan ternama sebagian besar menggunakan logo yang sederhana dalam hal bentuk. Ini bertujuan agar logo yang diciptakan dapat dengan cepat masuk ke dalam benak audience sehingga logo dapat dengan cepat diingat.

Dalam kaitannya dengan identitas visual bagi suatu brand, logo hanyalah salah satu dari atribut-atribut identitas visual lainnya. Oleh karena itu penting untuk diketahui bahwa hanya membuat logo saja belumlah cukup untuk membangun brand awareness di masyarakat.
"Suatu logo memperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui corporate cultur, positioning, historis dan aspirasi. Apa yang diartikan atau dimaksudkan adalah lebih penting daripada seperti apa rupanya", Prof. Dr. Yongki Safanayong, di dalam buku Mendesain Logo.
Kesimpulan:

Fungsi Membuat Logo 

Fungsi logo adalah sebagai alat pengidentifikasian yang dapat mewakili nilai-nilai yang telah dibentuk oleh entitas.

Tujuan Membuat Logo 

Tujuan membuat logo adalah sebagai tanda visual pembeda antar entitas yang satu dengan entitas lainnya.

Manfaat Membuat Logo 

Sebagai alat pemasaran yang mencerminkan kualitas.

Kesimpulan Mengapa Perlu Membuat Logo Yang Baik

Karena logo memiliki fungsi sebagai alat pengidentifikasian dan tujuan dibuatnya logo sebagai tanda visual pembeda maka logo yang baik haruslah dibuat se-unik mungkin.

Selain unik ciri-ciri logo yang baik adalah logo harus simpel dan fleksibel. Artikel lengkapnya dapat Anda baca pada artikel ikatan antara logo dan brand.

Dengan mengetahui fungsi, tujuan, dan manfaat logo akan membuat kita terhindar dari kesalahpahaman yang mendasar tentang logo.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak