Branding untuk Meningkatkan Penjualan

Branding untuk Meningkatkan Penjualan | Jasa Desain Grafis

Detakstudio | Jasa Desain Grafis
- Promosi memang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan, tapi selain itu, dibutuhkan juga loyalitas konsumen agar produk dapat terus melekat di benak konsumen.

Cara untuk mendapatkan loyalitas konsumen adalah dengan membuat strategi branding yang tepat. Jika strategi branding dilakukan dengan tepat, maka dengan sendirinya branding yang kita lakukan akan mampu meningkatkan penjualan.

Pengertian Brand


Brand Bukan Hanya Logo

Brand bukanlah merek, logo, nama, iklan, hadiah, kemasan produk, dan lain-lain. Brand adalah keseluruhan dari bisnis Anda mulai dari karyawan tingkat bawah sampai pemilik, dari seragam sampai ke kultur perusahaan, dari logo sampai ke atribut-atribut visual lainnya yang disebut sebagai identitas visual.

Branding yang tepat akan menciptakan ikatan emosi antara produk dengan konsumen, yang pada akhirnya akan membuat konsumen menjadi loyal terhadap produk tersebut.

Kebanyakan orang membeli ROLEX bukan karena fungsi dasarnya, yaitu hanya sebuah jam, tapi karena kecerdasannya dalam membangun brand telah membuat ROLEX bukan hanya sekedar jam tetapi juga simbol kesuksesan. Sehingga orang-orang yang merasa telah sukses akan merasa kurang lengkap jika tidak memiliki ROLEX.

Di dalam negeri kita bisa melihat bagaimana AQUA tetap menjadi leader market meski seringkali bermunculan merek-merek baru. Masyarakat tetap memilih AQUA bukan karena melihat AQUA hanya sebagai air mineral, melainkan masyarakat memandang bahwa AQUA telah menjadi bagian dari hidupnya (bahkan gaya hidup).

Persepsi yang berkembang di masyarakat seperti itu dibangun oleh yang namanya branding.

Manfaat Branding


Branding yang tepat akan mampu merubah arah persaingan bisnis, dari persaingan produk menjadi persaingan merebut hati konsumen melalui cara pembentukan nilai-nilai yang dapat menimbulkan persepsi khusus terhadap produk Anda dan hasil akhirnya adalah konsumen menjadi loyal terhadap produk Anda.

Kekuatan strategi branding KFC telah membuat KFC menjadi penguasa makan cepat saji untuk olahan bahan dasar ayam. Pertanyaannya, apakah tidak ada produsesn-produsen lokal yang mampu menandingi rasa ayam KFC? Kemungkinan besar ada, hanya saja yang harus dilawan pertama kali bukanlah produknya, melainkan kekuatan brand-nya dan itu yang masih sulit untuk dilawan.

Di era sekarang ini, dimana jaman bergerak begitu cepat. Bisnis-bisnis baru cepat bermunculan dan membuat persaingan semakin cepat "gemuk". Kemunculan bisnis-bisnis baru tersebut biasanya diikuti dengan promo "banting" harga besar-besaran yang tentu akan dengan mudahnya memikat konsumen.

Akibatnya, jika Anda tidak membangun ikatan emosi dengan konsumen, maka konsumen akan dengan mudahnya untuk beralih ke produk lain.

"Perang" harga bukanlah solusi untuk menarik minat konsumen untuk menjadi loyal. Seperti yang terjadi pada sektor bisnis ojek online, dimana kami melihat tidak adanya kekuatan dalam membangun brand sehingga membuat persaingan bisnis ojek online seperti persaingan "adu kuat modal".
Setiap perubahan selalu memunculkan dua kelompok berbeda: kelompok yang tidak mampu berubah dan akhirnya kalah dan kelompok yang mau berusaha berubah dan akhirnya terus bertahan.
Adanya kelengahan dari pemilik-pemilik usaha seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pengusaha-pengusaha yang mau membuka diri dan memanfaatkan kekuatan branding, sehingga produk yang ditawarkan akan mampu memenangkan persaingan pasar.

Sudah siapkah Anda membangun brand untuk meningkatkan penjualan? Hubungi kontak kami jika Anda membutuhkan jasa desain logo atau jasa desain grafis untuk kebutuhan branding. Kami siap berkolaborasi dengan Anda untuk membuat strategi branding agar meningkatkan penjualan produk Anda.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak



Jl. Ampasit IV No. 14
Cideng, Gambir
Jakarta Pusat
10150

WhatsApp: +62 838 7664 8912