Manfaat Segmentasi Pasar Dalam Berbisnis

Jasa Desain Grafis

Detak Studio Desain | Jasa Desain Grafis - Banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Tetapi kalau kita salah memilih jalan bukan tidak mungkin kita akan memilih jalan yang jaraknya paling jauh, yang paling berbahayanya lagi kita bisa saya memilih jalan yang dapat mengancam nyawa kita.

Untuk menghindari itu,

sebelumnya kita harus terlebih dahulu mencari informasi seputar jalan-jalan yang akan kita lewati. Tujuannya adalah agar kita dapat mencapai Roma dengan efektif dan seefisien mungkin.

Segmentasi Pasar Dalam Berbisnis


Sama halnya dengan yang kami utarakan di atas. Dalam berbisnis, segmentasi pasar yang baik akan mampu memandu Anda dalam menentukan jalan yang terbaik bagi bisnis Anda.

Pengertian Segmentasi Pasar


Menurut Philip Kotler dan Gary Amstrong, segmentasi pasar adalah proses pembagian sebuah pasar menjadi beberapa kelompok dimana setiap kelompoknya memiliki karakteristik berbeda antara kelompok satu dengan yang lainnya.

Syarat Segmentasi Pasar yang Efektif


  1. Dapat diukur : Segmentasi pasar harus dapat diukur berdasarkan tingkat tertentu.
  2. Dapat dijangkau : Segmentasi pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  3. Cukup besar : Segmentasi pasar cukup besar untuk dilayani.
  4. Dapat dibedakan : Segmentasi pasar dapat dibedakan dengan jelas antara kelompok yang satu dengan yang lainnya.
  5. Dapat dijangkau : Segmentasi pasar tersebut dapat dijangkau dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Manfaat Segmentasi Pasar Dalam Berbisnis


Kita tidak bisa membahagiakan semua orang dan itu pun berlaku dalam bisnis. Anda tidak bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat oleh karena itu dibutuhkannya segmentasi pasar. Berikut adalah manfaat segmentasi pasar.

Lebih Mudah Membedakan Pasar

Dengan mengelompokkan pasar maka produk yang dihasilkan akan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sesuai dengan kemampuan sumber daya perusahaan.

Pemasaran dan Promosi Lebih Terarah

Dengan mengelompokkan pasar yang bersifat homogen maka dalam merencanakan strategi pemasaran dan promosinya dapat lebih terarah.

Faktor Penentu Desain

Dengan adanya segmentasi pasar maka Anda tidak akan lagi terjebak dengan selera pribadi karena desain yang baik adalah desain yang mampu berkomunikasi dengan target audience.

Strategi Komunikasi Lebih Efektif dan Terarah

Dengan segmentasi pasar yang jelas strategi komunikasi dapat berjalan dengan efektif. Anda akan menjadi tahu persis siapa komunikan yang diajak berkomunikasi, apa kesukaannya, kebiasaannya, latar belakang, dimana mereka biasa berbelanja, kapan waktu yang efektif untuk memasarkan produk, dan lain sebagainya.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak