Desain, Antara Kebutuhan dan Keinginan

Desain Grafis Kebutuhan atau Keinginan | Jasa Desain Grafis

Desain grafis, haruskan mengikuti kebutuhan atau mengikuti keinginan?

Detakstudio | Jasa Desain Grafis - Seorang klien tentu berharap desain yang dihasilkan oleh penyedia jasa desain grafis akan sesuai dengan keinginannya. Pemahaman seperti ini jelas salah, namun beberapa penyedia jasa desain grafis pun juga berfikir bahwa desain yang dihasilkan harus sesuai keinginan kliennya.

Jika kejadian seperti di atas terjadi, keadaan setelah itu kira-kira seperti ini:

Klien senang karena desain yang dihasilkan sesuai keinginannya tapi maksud dan tujuan tidak sampai ke target sasaran. Sementara penyedia jasa desain grafis menjadi tenang karena telah membuat klien senang.

Padahal disamping itu ia telah melepaskan tanggung jawab penting sebagai desainer grafis, yaitu mengedukasi dan menghasilkan desain yang sesuai fungsi.

Fungsi Desain Grafis


Jika dilihat dari fungsi utamanya, desain grafis berfungsi untuk memecahkan suatu masalah. Strategi apa yang digunakan tergantung seperti apa permasalahannya dan tujuan apa yang ingin dicapai, serta siapa sasarannya.

Selera pribadi baik klien ataupun desainer sudah seharusnya di kesampingkan. Karena jika selera pribadi ini diikuti nantinya akan jadi penghalang atau pemutus jembatan komunikasi antara pesan (pemecah masalah) dan penerima pesan (target sasaran).

Akhirnya yang terjadi adalah desain yang tanpa solusi yang meskipun terlihat bagus secara visual tapi gagal dalam menyampaikan pesan, target sasaran tidak diperdulikan.

Penjelasan di atas sudah cukup menjelaskan bahwa desain yang dihasilkan haruslah memenuhi kebutuhan, kebutuhan untuk memecahkan suatu masalah yang berdasarkan pada inti persoalan, siapa target sasaran, dan tujuan.

Proses-proses mendesain yang baik seharusnya diterapkan oleh seorang desain grafis profesional. Salah satu proses yang penting adalah riset, karena dengan melakukan riset kita menjadi tahu apa kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh klien kita.

Desain yang baik adalah desain yang dapat memecahkan masalah dan menghargai target sasarannya.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak