Ikatan Antara Logo dan Brand yang Perlu Diketahui

Ikatan Antara Logo dan Brand - Jasa Desain Logo 
Detakstudio | Jasa Desain Logo - Pada pembahasan kali ini kami akan mengangkat tema tentang logo. Secara garis besar logo adalah wujud visual yang mewakili nilai dari entitas yang diwakilinya.

Logo dan brand memiliki keterikatan yang kuat yang dapat mempengaruhi bisnis Anda. Untuk memahami lebih lanjut Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai.

Asal Kata Logo

Logo berasal dari bahasa Yunani, yaitu logos, yang berarti perkataan, pikiran, nalar, dan akal budi. Pada awalnya nama yang digunakan adalah logotype bukan logo seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Jika kita berbicara tentang logo dalam dunia desain grafis bisa dikatakan logo adalah sebuah simbol, walau sebenarnya ini belum sepenuhnya benar sebab simbol lebih cenderung berupa gambar.

Istilah-istilah yang Berhubungan dengan Logo

Istilah-istilah ini kami dapat dari sumber bacaan baik offline maupun online. Beberapa istilah mungkin memiliki makna yang lebih luas dari yang akan kami jelaskan.

Jasa Desain Logo

Entitas

Menurut Wikipedia entitas adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain. Sementara menurut KBBI entitas adalah satuan yang berwujud.

Di dalam kaitannya dengan mendesain logo,

kami berpegang pada pengertian yang dijelaskan oleh Surianto Rustan bahwa "entitas adalah objek sebenarnya yang dimaksudkan, baik objek fisik maupun non-fisik", Surianto Rustan, Mendesain logo, 2011: 12.

Sebagai contoh: Anda (baik secara fisik maupun prilaku) adalah sebuah entitas maka wajah Anda adalah sebuah logo.

Picture Mark dan Letter Mark

Elemen gambar pada logo disebut sebagai picture mark. Sementara letter mark adalah elemen tulisan ada logo. Namun ada beberapa logo yang membuat letter mark sekaligus menjadi picture mark, atau sebaliknya.


Signature

Secara umum signature adalah identitas atau ciri khusus bisa berupa visual maupun audio.

Logo merupakan salah satu bentuk signature visual. Sementara contoh signature audio adalah suara yang biasa kita dengar ketika menyalakan smart phone Samsung.

Brand

Banyak yang berfikir bahwa logo adalah brand padahal yang benar adalah logo bagian dari identitas visual, identitas visual bagian dari corporate identity dan corporate identity bagian dari brand. Jadi brand jauh lebih dalam maknanya daripada logo.

Oleh karena logo termasuk bagian dari corporate identity maka carilah jasa desain logo yang juga mampu menciptakan identitas visual sesuai dengan brand Anda.

Tujuannya agar identitas visual (termasuk logo) mampu membangun suatu citra untuk brand Anda.

Karena jika logo dan elemen grafis lainnya memiliki satu kesatuan dalam membangun brand Anda, masyarakat atau target audience akan menilai bahwa Anda menjalani bisnis dengan profesional.

Dengan begitu diharapkan akan tercipta brand awareness dan citra positif di benak masyarakat terhadap brand Anda.
Brand mencakup segala hal, mulai dari kultur perusahaan sampai identitas visual. Masih ingat dengan "dimulai dari nol ya", ini juga salah satu upaya membangun brand.

Kaitan Logo dengan Bidang Usaha

Haruskan Logo Menggambarkan Bidang Usaha yang Anda Jalani?
Di tengah ramainya persaingan pasar, salah satu cara untuk memenangkan persaingan pasar adalah dengan menonjolkan diferensiasi, salah satu caranya dengan membuat logo yang unik.

Jika Anda membuat logo yang sesuai dengan bidang usaha, bukan tidak mungkin akan ada kompetitor yang melakukan hal sama. Sehingga akan menimbulkan keserupaan dan keserupaan dapat berdampak pada turunnya brand awareness.

"Perlu ditekankan bahwa logo tidak harus menggambarkan lingkup usahanya (yang dapat membuatnya sama dengan yang lain), tetapi logo harus dapat menggambarkan karakter entitasnya. Ikuti saja kodrat alamiah entitas - bahwa setiap entitas itu adalah unik dan seharusnya memang tidak sama dengan yang lain." Eka Sofyan Rizal, majalah Versus edisi 02, Februari 2009.

"Saya Ingin Logo yang Bisa Membuat Masyarakat Mengetahui Jenis Usaha Saya."
Fungsi logo adalah sebagai identifikasi yang berguna sebagai pembeda antara entitas yang satu dengan yang lain.

Logo tidak harus membuat masyarakat mengetahui jenis usaha yang diwakilinya. Karena ada media lain yang memang dikhususkan sebagai alat pengenalan produk seperti brosur, flyer, katalog produk, dan lain sebagainya.

Kriteria Logo yang Baik

Tidak ada aturan baku untuk menentukan kriteria logo yang baik. Namun karena erat kaitannya dengan branding maka logo haruslah unik. Selain itu logo juga harus fleksibel dan simpel.

Cara Membuat Logo

Unik

Dari segi bentuk logo haruslah unik agar diferensiasi antara bisnis Anda dengan bisnis lain dapat terlihat jelas sehingga tidak memunculkan salah persepsi di masyarakat dan juga untuk menjaga brand awareness.

Fleksibel 

Logo harus fleksibel baik dari segi bentuk, warna, dan ukuran. Tujuannya agar logo tetap dapat terlihat jelas meski diperkecil pada ukuran tertentu dan tetap tidak kehilangan karakteristiknya saat diaplikasikan menggunakan warna hitam atau putih.

Simpel

Logo juga harus terlihat simpel baik dari segi bentuk dan warna. Hal ini erat kaitannya dengan mengapa logo harus fleksibel.

Semakin simpel bentuk dan warna sebuah logo maka logo akan tetap dapat terlihat jelas meski diperkecil pada ukuran tertentu.

Selain itu jika Anda menggunakan logo yang memiliki bentuk dan warna yang simpel maka kemungkinan besar logo yang Anda miliki akan cepat diingat oleh masyarakat.

Ikatan Antara Logo dan Brand

Logo dan brand memiliki ikatan yang sama kuat. Ke-duanya saling membutuhkan satu sama lain. Dibeberapa kasus ada bisnis yang tumbuh pesat tanpa perlu menggunakan logo seperti kriteria yang kami tulis di atas.

Oleh karena itu kami perlu menjelaskan bahwa logo adalah wujud visual yang mewakili nilai-nilai dari entitas.

Jika entitas dikenal masyarakat sebagai produk atau jasa yang baik maka dengan sendirinya citra yang diangkat oleh logo tersebut adalah nilai-nilai yang sudah tumbuh di masyarakat. Begitupun sebaliknya, jika entitas dikenal masyarakat sebagai produk atau jasa yang buruk maka logo akan mencerminkan nilai-nilai yang buruk juga.

Kalau Begitu Berarti Logo Tidak Terlalu Bermanfaat?
Jika Anda memiliki usaha yang memiliki sedikit kompetitor mungkin manfaat logo memang tidak terlalu terasa,

tapi jika usaha Anda memiliki banyak kompetitor, belum lagi kalau ternyata kompetitor Anda lebih superior maka jalan satu-satunya untuk membuat diferensiasi adalah dengan membuat logo seperti kriteria yang kami sebutkan di atas.

Tapi yang perlu diperhatikan, di sisi lain logo juga dapat membuat buruk nilai-nilai baik yang sudah dibentuk oleh entitas jika pengerjaan logo tidak dibuat dengan hati-hati.

Salah satu penyebabnya jika membuat logo yang memiliki bentuk yang mirip dengan logo lain yang sebelumnya sudah ada.

Karenanya dalam membuat logo dibutuhkan riset visual, selain untuk menghasilkan logo yang unik agar berbeda dengan logo yang lain, riset visual juga dibutuhkan agar logo yang diciptakan tidak menimbulkan salah persepsi di masyarakat dan tidak menimbulkan kesan buruk.

Penting bagi Anda untuk memilih jasa desain logo yang mengerti proses membuat logo yang yang benar.

Sudah Siapkah Anda Membangun Brand Melalui Logo

Kami siap memberikan layanan jasa desain logo bagi bisnis Anda demi meningkatkan brand awareness.

Landasan kami dalam membuat logo yang unik, fleksibel, dan simpel adalah dengan mengaitkan antara logo yang Anda inginkan dengan visi, misi, sejarah, budaya, bahkan filosofi perusahaan Anda dan melihat kesesuaiannya dengan target audience bisnis Anda.


Butuh jasa desain grafis atau ingin berkonsultasi? Hubungi kontak kami melalui form di bawah atau 0838 7664 8912 (WhatsApp).

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak



Jl. Ampasit IV No. 14
Cideng, Gambir
Jakarta Pusat
10150

WhatsApp: +62 896 2900 6250